Saturday, May 11, 2013


Ujian Tengah Semester (UTS)
Komunikasi dalam Perspektif Islam

1. Dakwah, tabligh, dan khutbah. Kemudian apa perbedaan antara ketiganya?
·         Dakwah secara etimologi berasal dari bahasa arab yang asal katanya دعا- يدعو- دعوة  artinya menyeru, mengajak, memanggil, menjamu. Maksudnya adalah agama yang disebarluaskan secara damai, tidak lewat kekerasan. Dakwah memiliki tiga unsur pengertian pokok yaitu :
a. Dakwah adalah proses penyampaian agama Islam dari seseorang kepada orang lain.
b. Dakwah adalah penyampain ajaran Islam tersebut dapat berupa amar makruf (ajaran kepada kebaikan) dan nahi munkar (mencegah kemungkaran).
c. Usaha tersebut dilakukan secara dasar dengan tujuan terbentuknya suatu individu atau masyarakat yang taat dan mengamalkan sepenuhnya ajaran Islam.
Dengan pengertian dakwah di atas, pola dakwah dapat mengambil bentuk antara lain dakwah kultural, dakwah politik, dan dakwah ekonomi. Dakwah kultural adalah aktivitas dakwah yang menekankan pendekatan Islam kultural yaitu pendekatan yang berusaha meninjau kembali kaitan doktrinal yang formal antara Islam dan politik atau Islam dan negara. Dakwah politik adalah gerakan dakwah yang ada di dalam atau ada pada kekuasaan. Dakwah ekonomi adalah upaya mewujudkan dalam realitas kehidupan umat Islam, ajaran-ajaran Islam tertentu yang dapat berfungsi untuk meningkatkan sosial ekonomi umat.
Kunci dari defenisi dakwah adalah panggilan atau ajakan kembali ke jalan Allah karena hakikat dakwah adalah memanggil atau mengajak kembali manusia kepada agama. Hal ini karena pada hakikatnya semua manusia dilahirkan dengan keadaan bertuhan atau beragama, manusia adalah makhluk religius. Jadi, tugas dakwah adalah memanggil atau mengajak manusia agar kembali kepada apa yang pernah diucapkan ketika masih berada di dalam ruh yaitu beriman kepada Allah.
·         Tabligh berasal dari kata    تبليغا -  يبلغ  -  بلغ    yang artinya menyampaikan. Maksudnya adalah menyampaikan risalah berupa Al-Qur’an dan Al-Hadits. Tabligh juga berarti menyampaikan dengan terang dan jelas. Di dalam tabligh, yang menjadi inti masalah adalah bagaimana menyampaikan ajaran-ajaran (Islam) kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup untuk memperoleh kebahagian di dunia dan akhirat. Orang yang bertablig disebut Mubalig (laki-laki) dan Mubaligah (perempuan).
Menurut Departemen Agama, tabligh/penerangan adalah kegiatan menyampaikan ajaran Islam yang dilakukan secara lisan dan atau tertulis maupun melalui suatu bunyi/isyarat, seperti suara sirine, alarm, bedug, dan lain sebagainya, oleh seseorang atau beberapa orang muballigh kepada masyarakat.
Semua nabi Allah wajib bersifat tabligh dan semua pesan yang disampaikan oleh para nabi Allah tersebut adalah beribadah hanya kepada Allah semata.
Setiap orang memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan ayat-ayat atau ajaran Islam kepada saudaranya yang lain sebagaimana hadis nabi Muhammad SAW yang menyatakan sebagai berikut.
بلغوا عني ولو آية
Artinya : “Sampaikanlah dari ku walaupun satu ayat.” (HR Bukhari)

·         Khotbah berasal dari bahasa Arab “Khutbah” (خطبة) dan merupakan kata dasar (masdar) dari kata kerja (خطب - يخطب)  yang artinya pidato atau ceramah, yang isinya tentang keagamaan. Dalam fikih, khotbah diartikan dengan pidato dari seorang khotib yang diucapkan di depan jamaah sebelum shalat jum’at atau setelah shalat Id. Khutbah berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT.
·         Perbedaannya antara ketiganya yaitu dakwah memiliki cakupan paling luas. Di dalam dakwah ada beberapa jenjang aktifitas. Salah satunya adalah tabligh. Jadi tabligh itu bagian dari dakwah, tetapi dakwah bukan hanya semata-mata tabligh. Sedangkan istilah khutbah dan ceramah sesungguhnya merupakan media dalam bertabligh.

2. Mengapa 'komunikasi dakwah' menjadi konsep yang lebih fleksibel & aktual dibandingkan dengan “dakwah” itu sendiri?

è Karena komunikasi dakwah merupakan proses penyampaian ajaran-ajaran Islam berdasarkan Qur’an dan Hadist kepada manusia untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat melalui penggunaan media massa, seperti radio, televisi dan internet. Hal ini yang menyebabkan kegiatan tersebut lebih fleksibel dan aktual. Dimana aktual berarti dapat memecahkan masalah-masalah yang kekinian dan hangat di tengah masyarakat. Dengan menggunakan fasilitas website seperti yang telah dilakukan oleh banyak organisasi Islam maupun tokoh-tokoh ulama. Berdakwah dengan menggunakan fasilitas ini dianggap lebih fleksibel dan luas jika dibandingkan dengan konsep dakwah yang cenderung konvensional.

3. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara Komunikasi Dakwah, Komunikasi Islam dan Dakwah.
è Pada dasarnya komunikasi dakwah, komunikasi islam dan dakwah adalah sama dalam hal content. Semuanya berdasarkan ajaran islam yakni alqur’an dan hadist. Namun titik perbedaan terdapat pada aktifitasnya. Jika dakwah didefinisikan sebagai kegiatan mengajak, menyeru umat manusia ke jalan yang lurus. Hal ini berarti kegiatannya sangat universal. Berbeda dengan komunikasi dakwah yang aktifitasnya lebih kompleks, dihadiri jamaah dan menekankan pada upaya sungguh-sungguh seorang da’I untuk menyampaikan pesan. Upaya tersebut terlihat pada perhatian yang lebih mendalam terhadap objek komunikasi dalam hal ini mad’u. da’I dituntut memahami benar kondisi mad’u agar tercipta komunikasi efektif, dimana muncul perubahan positif dari mad’u tersebut. Tidak hanya itu, karena sebelumnya persiapan seorang da’i untuk berdakwah serta upaya menciptakan suasana dakwah yang kondusif juga tak luput dari cakupan komunikasi ini. Sedangkan komunikasi Islam Komunikasi Islam adalah proses penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam. Dengan pengertian demikian, maka komunikasi Islam menekankan pada unsur pesan (message), yakni risalah atau nilai-nilai Islam, dan cara (how), dalam hal ini tentang gaya bicara dan penggunaan bahasa (retorika). Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi seluruh ajaran Islam, meliputi akidah (iman), syariah (Islam), dan akhlak (ihsan). Maka, dalam komunikasi islam tidak ada orientasi perubahan mad’u seperti pada komunikasi dakwah. Istilah ini hanya merujuk pada tekniknya.

4. Psikologi Kognitif, dan bagaimana implementasinya dalam dunia
komunikasi.
è Psikologi Kognitif memandang manusia sebagai makhluk yang berfikir, merencanakan, mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diingat, dan memilih dengan cermat stimulus mana yang membutuhkan perhatian.
è  Implementasinya yaitu komunikasi manusia dalam model psikologi kognitif merupakan pengeluaran dan penerimaan stimulus secara terus-menerus yang ditambahkan dan diseleksi dari stimulus yang terdapat dalam lingkungan informasi. Walaupun penyampaian tidak selalu ada, dalam pengertian pesan yang disalurkan pada saluran, setiap komunikator saling terorientasi secara psikologis terhadap sesamanya. Orientasi ini menunjukkan kesadaran akan adanya orang lain. Perspektif pskologi kognitif dalam komunikasi jelas berfokus pada individu sebagai tempat utama untuk menemukan terjadinya peristiwa komunikasi.
è  Konkritnya implementasi pikologi kognitif ini terdapat pada komunikasi intrapersonal, yakni proses sensasi, asosiasi, persepsi, memori dan berpikir bagaimana seorang komunikan mengolah suatu informasi yang didapatkan.

5. Buatlah  Konstruk ilmiah miliki pribadi Anda, yang didasarkan pada ayat-ayat Al-Quran. (Konstruk tersebut berkaitan dengan makalah/tugas Anda)
à Jawaban ada pada halaman selanjutnya

6. Paradigma: Urgensi dan manfaatnya  dalam penelitian komunikasi.

à Dalam penelitian komunikasi terdapat tiga paradigma yaitu Linier, transaksional, konstruktif, dank kritis.
Paradigma merupakan suatu pandangan yang mendasar tentang suatu objek. Pandangan ini mengarahkan cara berfikir dalam penelitian, peneliti perlu berparadigma dalam melakukan sebuah penelitian karena, peneliti harus memiliki sudut pandang terlebih dahulu terhadap suatu permasalahan yang akan dihadapi, sehingga memudahkannya dalam proses penelitiannya dalam hal ini penelitian komunikasi.
è Manfaat paradigma sendiri merupakan menjadikan seseorang lebìh terarah dan fokus dalam meneliti suatu permasalahan sesuai dengan pandangan yang diyakininya..



d'SwEEt piNk