Tuesday, December 3, 2013

berbagai kegiatan organisasi dan manajemen yang terkait dengan komunikasi

à Dalam organisasi terdapat berbagai jenis kegiatan manajemen yang terkait komunikasi. Diantaranya:
·         Planning: Suatu tujuan atau misi yang akan dicapai oleh organisasi terlebih dahulu dirumuskan dalam sebuah perencanaan. Berbagai rencana yang akan dilakukan biasanya dikemukakan dalam sebuah rapat. Sehingga, para anggota dapat mengetahui apa saja yang akan merka lakukan. Rapat tersebut termasuk jenis komunikasi kelompok kecil.
·         Organizing: Setelah rapat dilakukan maka tiap kepala divisi biasanya menyusun secara rinci pembagian tugas untuk dilakukan oleh bawahannya. Di sini bisa berlangsung komunikasi antar pribadi jika pesan disampaikan berantai.
·         Actuating: Komunikasi antar pribadi banyak terjadi dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Individu-individu melaksanakan tugasnya masng-masing kemudian menkoordinasikannya kepada sesama bawahan ataupun kepada atasan.
·         Controlling: Pelaksanaan suatu kegiatan biasanya selalu dalam pengawasan pimpinan. Di sini juga terjadi komunikasi antar pribadi yang intens antara pimpinan dengan kepala sub divisi untuk memantau sejauhmana pelaksanaan suatu misi.

·         Evaluating: Setelah suatu kegiatan berlangung, maka ada suatu penilaian dari pimpinan untuk mengevaluasi hasil kegiatan. Hal ini dilakukan untuk dapat memastikan apakah kegiatan sudah berlangsung sesuai target atau tidak, ataupun membahasa berbagai hambatan atau kesulitan yang telah terjadi untuk menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Evalusi ini juga biasa berlangsung dalam bentuk komunikasi kelopok kecil, dimana penanggung jawab masing-masing divisi dikumpulkan dalam sebuah rapat dan melaporkan pencapaiannya masing-masing.

No comments:

Post a Comment

d'SwEEt piNk