à Dalam organisasi terdapat berbagai jenis kegiatan manajemen yang
terkait komunikasi. Diantaranya:
·
Planning: Suatu
tujuan atau misi yang akan dicapai oleh organisasi terlebih dahulu dirumuskan
dalam sebuah perencanaan. Berbagai rencana yang akan dilakukan biasanya dikemukakan
dalam sebuah rapat. Sehingga, para anggota dapat mengetahui apa saja yang akan
merka lakukan. Rapat tersebut termasuk jenis komunikasi kelompok kecil.
·
Organizing:
Setelah rapat dilakukan maka tiap kepala divisi biasanya menyusun secara rinci
pembagian tugas untuk dilakukan oleh bawahannya. Di sini bisa berlangsung
komunikasi antar pribadi jika pesan disampaikan berantai.
·
Actuating:
Komunikasi antar pribadi banyak terjadi dalam pelaksanaan suatu kegiatan.
Individu-individu melaksanakan tugasnya masng-masing kemudian
menkoordinasikannya kepada sesama bawahan ataupun kepada atasan.
·
Controlling:
Pelaksanaan suatu kegiatan biasanya selalu dalam pengawasan pimpinan. Di sini
juga terjadi komunikasi antar pribadi yang intens antara pimpinan dengan kepala
sub divisi untuk memantau sejauhmana pelaksanaan suatu misi.
·
Evaluating:
Setelah suatu kegiatan berlangung, maka ada suatu penilaian dari pimpinan untuk
mengevaluasi hasil kegiatan. Hal ini dilakukan untuk dapat memastikan apakah
kegiatan sudah berlangsung sesuai target atau tidak, ataupun membahasa berbagai
hambatan atau kesulitan yang telah terjadi untuk menjadi bahan pertimbangan
dalam melakukan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Evalusi ini juga biasa
berlangsung dalam bentuk komunikasi kelopok kecil, dimana penanggung jawab
masing-masing divisi dikumpulkan dalam sebuah rapat dan melaporkan
pencapaiannya masing-masing.
No comments:
Post a Comment