Wednesday, December 4, 2013

"ala steve jobs"

ADEGAN 2 "MENJAWAB SATU PERTANYAAN  YANG PALING PENTING"
Anda harus mulai dengan pengalaman pelanggan, baru
beralih ke teknologi−bukan sebaliknya

*STEVE JOBS, 25 MEI 1997, WORLDWODW DEVELOPER CONFERENCE*

Pada bulan Mei 1998, Apple meluncurkan sebuah produk baru yang cemerlang untuk menaikkan pangsanya di pasar komputer yag sedang menurun di bawah 4 persen. Ketika Jobs mengungkapan iMac yang transparan, ia menjelaskan alasan dalam menngembangkan komputer tersebut, pada sasarannya dan manfaat yang akan dipetik dengan membeli sistem baru  tersebut.
ü  Setelah menggambarkan kelemahan produk yang ada di bagian pembuka. Jobs melukiskan peta perjalan verbal bagi audiensnya, menyebutkan fitur-fitur yang akan ia jelaskan secara lebih detail.
ü  Jobs harus meyakinkan audiens bahwa rumor pergantian chip Apple adalah hal yang benar. Presentasinya sangat persuasif dalam mengubah opini masyarakat karena dengan memakai bahasa yang sederhana dan langsung, ia menjawab satu pertanyaan paling penting: Mengapa pelanggan dan paa pengembang harus peduli?
ü  Jobs mengartikulasikan argumen tersebut dengan sangat meyakinkan sehingga sebagian besar orang yang hadir pada hari itu percaya penuh bahwa transisi tersebut merupakan hal yang benar bagi Apple, bagi para pengembangnya, dan bagi pelanggannya.
ü  Selama fase perencanaan presentasi Anda, selalu ingat bahwa presentasi ini bukan untuk Anda, tetapi untuk mereka, audiens Anda. Para pendengar dalam audiens Anda sedang menanyakan pada diri Anda sendiri−“Mengapa Saya Harus Peduli”. Dengan menjawab pertanyaan tersebut segera setelah memulai akan menarik perhatian audiens Anda dan membuat mereka tetap fokus.
ü  Juallah MIMPI, bukan PRODUK.
CATATAN SUTRADARA
Ø  Tanyakan kepada diri Anda sendiri, “ Mengapa pendengar saya harus peduli pada gagasan informasi/produk/jasa ini?” Jika ada satu hal saja yang Anda ingin dapat dibawa pulang oleh pendengar Anda, apakah itu? Berfokusah pada penjualan manfaat di balik produk.

Ø  Buatlah satu hal sejernih mungkin, dan ulangi paling tidak dua kali sepanjang percakapan atau presentasi. Hilangkan istilah-istilah teknis dan jargon untuk meningkatkan kejernihan pesan Anda.

Ø  Pastikan satu hal itu konsisten di seluruh kolateral pemasaran Anda, termasuk press release, halaman website, dan presentasi.


No comments:

Post a Comment

d'SwEEt piNk